Jumat, 22 Maret 2013

Dari Hat Yai ke Kualalumpur Naik Kereta Api Tanah Melayu

Setelah satu malam menginap di Tune Hotel - Hat Yai. Waktunya gue berangkat ke KL dengan Kereta Api Tanah Melayu. Kereta Api Tanah Melayu (KTM) merupakan kereta api milik Malaysia yang beroprasi pada jarak jauh. KTM tidak hanya melintas di negara Malaysia saja, tetapi juga melintas antar negara, seperti Thailand dan Singapore.

Dari Tune Hotel gue berjalan kaki ke Stasiun Hat Yai ( Hat Yai Train Station ). Lumaya melelahkan dengan membawa beban 13 kg, berjalan kaki yang berjarak 800 km sekitar 15 menitan.

maps hat yai

me at hatyai station

Sewaktu tiba didalam stasiun hatyai gue sempet kebingungan karen semuanya ditulis dalam bahasa thailand. hanya berapa saja yang ditulis dalam bahasa inggris. Dan kemudian bertanya ke pusat informasi. Tapi sayangnya petugasnya pun tidak bisa berbahasa inggris tapi dapat dimengerti maksudnya.

informasi

jadwal kereta dengan bahasa thailand

suasana stasiun
rel
banyak pedagang
pedagang dan ruang tunggu
denda merokok 2000 baht
ruang tunggu
Kalau diperhatikan stasiun hatyai ini biasa aja. Tidak semua diluar negeri itu penuh dengan sesuatu yang WOW. Nah, sewaktu gue tiba distasiun dan mengamati disekeliling, gue lumayan kaget." Wah, ternyata mirip ya sama di indonesia" itu kata hati gue waktu melihat banyak pedagang dimana-mana. Dengan beragam macam jenis makanan yang di jual. Hanya saja perbedaan pada pedagang di Hatyai ini menggunakan gerobak. kalau di di Indonesia biasanya dipikul. Hahahaha, kalian pasti tau kalau pernah naik kereta disetiap stasiun di Indonesia.

Setelah lama menunggu dari siang hingga jam 3 sore waktu thailand. Akhirnya, gue sama kk gue naik kereta malaysia, bernama Senandung Langkawi. Sebenarnya gerbong kereta ini ngetem. Tetapi tanpa lokomotif. Jadi Lokomotif dan gerbong lainnya masih berada pada stasiun sebelumnya. Kemudian setelah tiba di stasiun hatyai lokomotif menyambungkan gerbong yang gue naikin ini.

Kereta Senandung Langkawi - KTM

papan info
me
Tiket Online

Kereta berangkat pukul 4 sore, thailand. Sebelum berangkat gue minum antimo dulu. Langsung teler sampe gue ketiduran. ZZZzzzzZZzzz..

"Hey..Hey..!" gue mendengar suara berisik saat lagi tidur. Itu hanya beberapa jam saja saat kereta berangkat. Kemudian gue buka gorden tempat tidur dan melihat 2 petugas imigrasi yang sedang membangunkan para penumpang. Gue bangun dan memakai sepatu mereka meneriaki "fast..bla... bla... bla...". Itu masih setengah sadar karena obat antimo. Akhirnya, gue dan semua penumpang keluar dengan membawa barang bawaannya kembali.

Jika dideskripsikan Imigrasi Padang besar ini seperti stasiun tetapi sebuah imigrasi. Saat masuk kedalam bangunan sebelah kanan (utara) imigrasi Thailand dan sebelah kiri (selatan) malaysia. Jadi, hanya memutari satu gedung kecil itu dan keluar di tempat yang sama saat masuk.

Thailand -(imigrasi padang besar)- Malaysia
foto di atas gue ambil diem diem dan ngumpet ngumpet saat menunggu kereta yang gue naikin tiba lagi.

Setelah gue naik kereta kembali, masih merasakan efek dari obat antimo akhirnya gue teler dan tertidur lagi hingga pagi dan akhirnya tiba di KL.