Sabtu, 16 Maret 2013

Trip from Penang to Hat Yai

Hat Yai? dimana tuh?
Hat Yai berada di bagian selatan negara Thailand dan dekat dengan Malaysia. Merupakan kota kecil yang tentram, nyaman dan kota yang bersahabat. Menurut gue sih gitu...

Kalau berlibur ke Malaysia, nanggung kalo ga ke Hatyai. Apalagi kalau kamu berlibur ke Pulau Penang atau Pinang, Malaysia. Karena dari Pulau Penang ke Hatyai dengan menggunakan mobil hanya 3 jam lama perjalanan. Ya, sama aja dari Jakarta ke Bandung. Lumayan penuh-penuhin cap paspor loh. Jarang-jarang ngerasain lewat perbatasan melalui jalur darat. Kalau lewatin imigrasi bandara udah biasa.

Nah, karena waktu gue mau ke Hatyai. Gue sebelumnya singgah dulu di Penang. Jadi gue bakal jelasinnya dari Penang ke Hatyai. Baca juga trip gue yang ini http://metatut.blogspot.com/2013/03/perjalanan-dari-bandara-penang-ke-tune.html

Dari Penang. Sebelumnya harus beli tiket travel. Disepanjang Jalan Ria - Komtar, banyak Agen Travel yang dapat dijumpai. Kebetulan waktu gue mau ke Hatyai gue pake jasa Agen A.G Express. Dengan menggunakan mobil jenis Van, biaya perorang kalau ga salah RM 20, setara Rp 60.000. Penjemputan bisa ditempat kita menginap.

kartu nama Agen travel



Besoknya, pukul 09.00 am. Gue dijemput di depan Tune. Supirnya ga bisa bahasa melayu, kayanya si supir orang Thailand. Mobilnya cukup nyaman dan ga bikin mabok. Dalam satu mobil penumpangnya ada orang Thailand, ada juga para remaja malaysia yang berlibur ke Hatyai.


Saat dalam perjalanan, gue ngelewatin jembatan pulau pinang yang menjadi penghubung antar pulau.



Sebelum tiba diperbatasan Malaysia. Si supir berhenti di tempat singgah, ada Food Court and ada money changer. Gue menyempatkan diri untuk menukar uang baht. Sebelumnya, gue pikir udah sampe di perbatasan. Soalnya, si supir minta Passpor kita-kita. Oh, ternyata abis itu kita dikasih kertas yang isinya pertanyaan data diri, lama tinggal, dll. yang harus kita isi dan Kemudian naik mobil lagi, untuk melanjutkan perjalanan ke perbatasan hingga ketempat tujuan.

rute Penang to Hatyai. by gmaps.

Perbatasan Malaysia - Bukit Kayu Hitam

immigration thailand
Untuk lokasi imigrasi Thailand. Gue kurang tahu itu di daerah apa namanya. Tapi ga terlalu jauh dari immigrasi/perbatasan Malaysia kok.

Saat di Imigrasi Thailand, yang gue rasain beda banged sama Malaysia. Di Imigrasi Thailand lokasinya deket banged sama area penduduk, disekelilingnya banyak  bangunan-bangunan kios yang sedikit kumuh dan lokasi yang ramai. 

Cerita Konyol saat di Imigrasi Thailand adalah ketika gue kasih passpor untuk di beri Cap. Sambil melihat-lihat paspor dan memberi cap si petugas imigrasi itu ngomong bahasa Thailand yang ga gue ngerti sama sekali dan dia cengar cengir sendiri. Gue berpikir apakah dia bertanya sama gue? trus gue jawab apa? tapi gue perhatiin dia asik ngomong sendiri dan gue kira dia ngomong sama petugas sampingnya, dan gue liat petugas disampingnya diem aja dan lagi serius ngecap passpor. Trus dia ngomong apa dan sama siapa ya? sampe sekarang gue bingung tuh...

my passpor and departure card


Ya, Setelah selesai urusan cap mengecap, kita naik mobil lagi untuk ke tujuan akhir, Hat Yai. Sesampai di Hat Yai gue memang ga di turunin pas depan Tune Hotel - Hatyai. Tapi lokasinya si ga terlalu jauh sama Tune. Jadi jalan jalan dikit lah...

0 komentar: