Senin, 15 Juli 2013

Tips Backpacker ke Luar Negeri



Gue bakal memberi tips berdasarkan pengalaman yang pernah gue alami ketika backpackeran ke Luar Negeri. Meski gue backpacker amatiran (hahaha...) tapi gue pengen berbagi info serta pengalaman gue dengan IKHLASSS...

Nah, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika berencana untuk Backpacker. Mulai dari mempersiapkan segala urusan seperti tiket, hotel, transport, dll. Kemudian apakah akan solo backpacker atau bersama teman? jika bersama teman. Kamu wajib dan harus mengenal betul bagaimana karakter teman-mu yang akan kamu ajak susah bareng nantinya. karena berbeda dengan kamu ikut Tour tentunya.

Yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari tau info sebanyak-banyaknya tentang negara yang akan kamu kunjungi. seperti :
1. transportasi.
2. biaya makan.
3. lokasi wisata atau tempat populer yang sering dikunjungi.
4. kebiasaan dan tingkah laku masyarakatnya.
salah satu pengalaman gue waktu di singapore adalah eskalator. Berbeda banget sama di indonesia. Di Singapore  (negara-negara maju lainnya) sudah menjadi hal biasa kalau untuk berjalan cepat di eskalator sisi kanan dan sisi kiri untuk diam mengikuti alur eskalator saja.
5. mayoritas dan minoritas agama yang dianut di Negara yang akan di kunungi.
(contoh : di pulau pinang - malaysia mayoritas adalah china maka untuk makan berlabel halal tak banyak di temukan. berbeda jika kamu di KL dengan berbagai macam etnis, tetapi untuk muslim food mudah di jumpai.)
6. serta segalah sesuatu tentang budaya negara tersebut.

Untuk sekarang kamu bisa membeli buku-buku mengenail travelling di toko buku mulai dari judul "2 Jt keliling malaysia, Thailand, & singapore" hingga "travelling solo Backpacker" yang mengupas semua mulai dari biaya makan hingga kebudayaan negara tersebut.

Kedua, kamu harus mempersiapkan segala sesuatu yang kamu perlukan untuk backpackeran. kalau bisa dari jauh hari agar tidak kerepotan menjelang hari H. Biasanya yang akan dibawa adalah baju dan perlengkapan sehari-hari. Tetapi selain hal tersebut ada beberapa hal yang lebih penting. Nah, berikut ini hal kecil yang penting untuk diperhatikan ketika melancong ke negara orang, seperti :
1. Tas khusus paspor
Tas kecil yang biasanya di gantung di leher atau tas tersersembunyi di balik pakaian. karena paspor harus selalu dibawa ketika kamu berpergian di luar negeri dan akan menjadi identitas diri mu yang sangat dan paling berharga.
2. Pulpen Hitam
Pulpen ini sangat berharga ketika dia sangat diperlukan pada waktu tertentu. Waktu tertentu seperti ketika kamu pergi ke negara yang memakai surat perjalanan saat di Imigrasi. karena kamu harus mengisinya dengan menggunakan pulpen. Berbeda dengan jika kamu di sekolah bisa meminjam dengan teman sebelah mu. Pengalaman gue waktu ke Thailand dari Malaysia harus mengisi "data" surat perjalanan, begitu juga saat gue ke Singapore dari malaysia.
3. Fotocopy Identitas Diri
Fotocopy seperti identitas paspor, Atm yang bisa digunakan di luar negeri (mastercard dan visa), KTP, SIM, dan segala identitas mu. Kemudia simpan ditempat berbeda dengan yang asli, ini dimaksud ketika kamu mengalami suatu kejadian yang tak diinginkan seperti kecopetan atau hilang.
4. Catat Alamat  dan Nomor Penting
Catat alamat dan nomor tlp sanak keluarga atau orang dikenal (jika ada). Yang terpenting adalah mencatat alamat Kedutaan Indonesia di negara yang akan kamu kunjungi. Ini bermaksud untuk mempermudah kamu ketika mengalami kesulitan seperti paspor hilang, dll.
5. Tukar Mata Uang Rupiah dengan USD
Jika kamu tidak mendapatkan  mata uang negara yang mau kamu kunjungi karena habis di Money Change yang kamu kunjungi di Indonesia. Kamu bisa menukar uang mu dengan USD. Mengapa? karena mata uang USD lebih berlaku diseluruh dunia. 
Pengalaman gue se-waktu di Hatya - Thailand pengen tukar Rupiah dengan Baht kemudian gue kunjungi Bank disana. ternyata Bank yang gue kunjungi tidak menerima mata uang indonesia meski setelah itu gue dapet money changer yang nerima Rupiah disana.
6. Bawa Tas Backpack Kecil
Ga, mungkin donk bakal bawa tas Backpack besar kemana-mana saat bejalan-jalan.
7. Colokan Listrik
Nah, kamu wajib tau tipe colokan listrik di negara yang km kunjungin. Pengalaman gue waktu ke Singapore, Malaysia, dan Thailand itu pakai colokan 3 pin (seperti colokan AC).
8. Kaca Mata dan Topi
Ini juga penting. Pengalaman gue waktu backpacker ke luar negeri seperti Asia, itu sama cuacanya kaya di Indonesia. Bayangin aja sepanjang hari bakal ngabisin waktu diluar ruangan mulai dari pagi sampai sore. Meski pakai sunblock tetep ga mempan alhasil gue balik ke Indo gosong....
9. Memory Cadangan
Kalau kamu suka jepret-jepret apa lagi dengan resolusi besar biasanya akan memakan memori. Ini juga pengalaman gue, sampe dua kamera memory itu full. Akhirnya gue pakai kamera hp yang tak seberapa itu.
10. Peta
Meski melihat peta bisa langsung di hp-mu tetapi akan lebih asik jika kamu mempunyai peta ditangan mu. Peta bisa berupa kota yang akan kamu kunjungi. Bahkan kamu bisa membuat peta sendiri. cara-nya kamu tinggal print peta dari google maps pada daerah-daerah yang akan kamu kunjungi kemudian kamu bisa memberi penjelasan sendiri pada peta mu agar lebih mudah dipahami.

Dari semua hal wajib yang gue sebutin diatas, ada juga hal yang kalo menurut gue itu harus ditinggalkan alias JANGAN dibawa. Seperti LAPTOP. Benda ini ga penting banged saat kamu traveling ala backpacker (tergantung kebutuhan) karena benda yang biasanya sangat berguna ini akan sangat merepotkan kamu. apa lagi kalau menginap di hotel. meski hotel itu aman tapi kamu akan ada rasa was-was dan mau ga mau dia bakal ikut kamu kemana-mana nantinya.

Selanjutnya bakal gue jelasin aturan cairan yang masuk dalam pesawat. 
Ketika kamu memilih untuk tidak memasukan tas kedalam bagasi pesawat dan lebih memilih cabin pesawat dengan berbagai alasan. Yang perlu di perhatikan adalah isi dalam tas mu. Apakah kamu membawa peralatan mandi? jika iya kamu harus tahu bahwa dalam penerbangan hanya boleh membawa 1 Liter cairan kedalam cabin (bukan bagasi). Maksudnya adalah 1 liter tersebut berupa 10 botol ukuran (max.) 100 ml. jika botol berukuran 50 ml maka akan dihitung 100 ml. Jadi kamu harus membawa sampo dengan botol berukuran 100 ml saja. Jadi hitung berapa botol yang akan kamu bawa.. dan jangan lupa dikemas dengan plastik. Biasanya petugas akan membongkar tas mu untuk mengecek apakah cairan itu rentan bocor atau tidak jika iya, petugas akan memberikan plastik transparan untuk membungkus botol berisi cairan tersebut.






0 komentar: