Kamis, 22 Agustus 2013

Tips Berpergian atau Travelling Pertama kali



Berpergian sendirian maupun bersama teman ketika 'baru' pertama kali mengunjungi tempat yang didatangi biasanya akan ling-lung dan tanpa disadari ekspresi wajah itu bisa dilihat oleh orang-orang yang berniat jahat. Meski sama-sama manusia tetapi kita tidak tahu apa yang akan dilakukan orang lain yang berniat jahat kepada kita. Bisa saja berbuat baik dengan maksud tertentu. Karena itu kita harus selalu waspada kepada siapapun. Tetapi tidak perlu terlalu berlebihan seperti tidak ingin berbicara kepada orang yang tak dikenal, tidak ingin bertanya ketika tersesat, dll. Berikut ini tips yang menurut gue cukup bermanfaat.
  1. Mempelajari dan menghapal denah/tata letak yang akan di kunjungi dengan Google maps. ini bermaksud untuk tidak terlihat seperti orang linglung. Contohnya setelah keluar dari stasiun harus lewat jalan mana menuju jalan besar untuk mencari angkutan umun selanjutnya.
  2. Bertanya kepada orang yang dapat dipercaya. Seperti pada petugas dan pedangang disekitar. Untuk pedagang gue saranin untuk membeli dagangannya terlebh dahulu, biar pedagangnya seneng dan baik kepada kita. Dan jangan bertanya seperti kepada tukang ojek dan supir angkutan umum. Hal ini bermasud agar tidak dikadalin.
  3. Lewati jalan ramai jika berjalan kaki. Bermaksud untuk menghindari terjadinya kekerasan dan kriminalitas. karena tidak mengetahui  betul daerah tersebut.
  4. Bersikap Cuek seolah sudah terbiasa dengan lingkungan sekitar. Orang yang berniat jahat akan mengetahui "turis" adalah dari tingkahnya. Biasanya yang pertama kali berkunjung biasanya akan plonga-plongo, maksudnya biasanya akan melihat sekeliling sepanjang jalan dengan nengok kiri-kanan kadang memasang tampang blo'on tanpa disadari.  

0 komentar: