Minggu, 07 Juli 2013

One Day in Dieng

Berhubung udah libur semesteran. gue berinisiatif ngajak temen temen untuk wisata alam ke dieng (4/7/13) dengan sewa mobil dari jogja.

sebelum berangkat ke dieng gue udah dapet info kalo jalur wonosobo-dieng ditutup karena longsor dan masih dalam perbaikan hingga 30 juli 2013. hanya bisa dilewatin roda dua dan untuk roda empat ga diperbolehkan naik. jadi, untuk yang menggunakan roda empat harus parkir di gardu pandang dan sewa bus kecil seharga 250rb/bus untuk menuju dieng.

Gue dapet saran lewat banjarnegara, tapi jaraknya cukup jauh selisih 1-2 jam dan jalanannya ga mulus. meski begitu niat gue mending lewat banjarnegara aja daripada sewa bus lagi. tapi ternyata sang supir-nya ga mau lewat banjarnegara karena jauh. mau ga mau gue lewat wonosobo. 

sebelum memasuki kawasan dieng udah dapet peringatan diputaran jalan. untuk roda empat dilarang lewat. mungkin maksud peletakan papan peringatan pas di putaran untuk mempermudah putar balik jika berubah pikiran.




beberapa kilo sebelum gardu pandang. ada petugas tiket - retribusi kawasan wisata lembah dieng di pinggir jalan. tiket perorang seharga Rp 2.000 kali 10 orang dan mobil Rp 2.000 jadi totalnya Rp 22.000. tapi sama petugasnya cuma dikasih harga "semua Rp 15.000 aja" katanya, sambil letakin tiket dan peta dieng diatas dasbor mobil. gue ngerasa aneh sama petugasnya. ternyata perasaan gue bener pas mobil jalan gue baru ambil tiket di atas dasbor, sambil mikir kok dihitung 15rb?. pas gue hitung ternyata cuma ada 5 tiket. sedangkan kita ada 10 orang. jadi kurang 5 tiket.


kalau dihitung-hitung 5 tiket Rp 10.000 + mobil Rp 2000 jadi 12.000
lalu, 3.000 itu kemana ya???
nah, ini jadi pelajaran tentang modus modus seperti ini...

Sesampai di gardu pandang banyak warga yang menjadi petugas parkir. ya, tentu aja karna banyak mobil ber-plat luar yang datang dan mau ga mau harus parkir di gardu pandang karna ga bisa melanjutkan perjalanan.

poto di dekat gardu pandang.

jalan yang ditutup dan masih dalam perbaikan.

menyempatkan berfoto-foto di gardu pandang lalu kami berjalan kaki melewati jalan yang masih dalam perbaikan dan mulai terlihat bus-bus kecil yang parkir. kemudian kami ditawarkan sewa bus seharga Ro 250.000/bus. maximal sewa bus hanya 3 jam dan 3 lokasi wisata yaitu, kawah sikidang, telaga warna, dan candi arjuna. mencoba tawar menawar, ternyata sudah harga pas dan kemudian kami ditawarkan kembali untuk menambah Rp 100.000 untuk tiket masuk 3 wisata itu. katanya sih termaksud murah. ok lah kami terima.... kemudian gue bilang " 350.000 itu udah termaksud tour guide gratis loh ya..." kemudian dijawab "iya, iya... gratisss..." (sambil nyengir-nyengir kuda).

rundingan dengan teman  saat negosiasi.
narsis didalam bus.

Tujuan lokasi pertama yaitu kawah sikidang. sesampai disana si mas-mas supir itu ikut nganter kami ke kawah. dan karna sebelumnya gue minta tour guide gratis, ternyata pas ditanya-tanya tentang sejarahnya tu supir ga tau. trus gue tanya "kok ga tau?" dia jawab "ya, saya ga tau mba." gue tanya lagi "emang mas nya bukan orang sini?" dia  jawab "bukan mba..." tapi menurut gue itu cuma alasan aja karena dia ga tau ceritanya.

papan peringatan, tetep aja pada mendekat ke kawah.


foto bersama teman-teman dikawah sikidang.

Pedagang di kawasan Kawah Sikidang

nah, karena kita udah ngerasa bayar mahal, kita manfaatin lah si mas-mas nya untuk jadi tukang poto. hahahaha.... dengan berbagai gaya dan selalu bilang "poto lagi-poto lagi...!" dan mas nya manut...

setelah puas berfoto-foto kita diantar ke Telaga warna. Saat melihat telaga warna gue sempet berpikir warna dari mananya? trus sempet dijelasin kalo cuaca lagi cerah, cahaya mataharinya menyinari telaga warna dan memperjelas warna di telaga warna itu. kebetulan pas gue dateng cuacanya lagi ga mendukung karena mendung.

liat penjual jagung bakar di dekat telaga jadi pengen karena cocok banget buat cuaca yang dingin. kemudian gue mesen jagung yang dijual seharga Rp 6.000. sambil nunggu jagung, gue dan teman poto-poto lagi dengan si tukang poto mirip sama ade herkules tp sayangnya miring ngambil potonya. hahaha.... kalo inget itu jadi lucu...

Foto bersama teman-teman di telaga warna

Hmm, jagung bakarnya udah siap dimakan, kita makan-makan dulu. Ga, lama setelah itu turun rintik-rintik hujan yang membuat cuaca saat itu serasa lebih dingin. Wah, ternyata saat kita ngomong keluar asap. hahaha itu adalah hal yang paling gue suka, maklum dijogja ga ada.

Sebenarnya dari telaga warna kita bisa ke telaga pengilon dan goa-goa. tapi karena hujan dan cuaca yang dingin kita memutuskan balik ke bus aja. tapi sebelumnya jajan dulu di parkiran. ada kue .... seharga Rp. 3.000.



selanjutnya, saat di dalam bus sang sopir menyarankan kita untuk beli oleh-oleh dulu baru ke candi arjuna. oleh-oleh apa? tenyata kita dibawa menuju toko oleh-oleh yang kecil menurut gue. tapi dengan tampang menyakinkan sang sopir bilang kalo toko ini lengkap orang-orang pada ngambil disini. gue si ragu dengan kata-katanya. ya, kita masuk aja ke tokonya deh.....

Karena Carica khas wonosobo jadi gue belinya ya oleh-oleh Carica kemasan cup plastik seharga Rp 7.000 klo yang rasa pedas Rp. 8.000. untuk yang kemasan toples Rp 11.000.

Toko oleh-oleh yang kita kunjungi.


Selanjutnya kita cuss ke Candi Arjuna. Candi arjuna sebelumnya sempat dijadikan tempat ritual pemotongan rambut anak gimbal dalam acara tahunan yaitu, Dieng Culture Festival pada tanggal 29 hingga 30 juli.


setibanya di kawasan candi arjuna kita menuruni anak tangga untuk menuju candi.

Foto di Candi Arjuna

Pedagang di kawasan Candi Arjuna.

Penjual Bunga Edelweiss di Candi Arjuna.

Selanjutnya....

Aduh laperr.... pengen makan... pengen nyobain mie ongklok khas wonosobo. nah, kita di antarlah ke rumah makan yang menyajikan menu mie ongklok tapi karena julannya ga fokus, alias julannya macam-macam, ada mie ongklok, nasi rames, sate, dan kaos. Kita jadi ga yakin sama rasanya. Trus kita cari tempat yang lain. Ada warung makan mie ongklok tapi sayangnya sate nya habis. katanya si kalo makan mie ongklok itu juga harus cobain sate daging sapi nya juga. Akhirnya kita balik lagi ke rumah makan yang ga fokus jualannya itu.

sate-nya Rp 2.000/tusuk.

Untuk bumbu Sate-nya sama aja dengan sate ayam yang sering dimakan, pakai bumbu kacang. cuma bedanya ini daging sapi yang klo digigit rada alot.

Mie ongklok nya seporsi Rp 7.000
Mie ongklok terdiri dari mie, sayur sawi dan rasanya cetar untuk bumbu kuahnya. jujur gue bingung menggambarkannya. Tapi yang pastis rasanya itu cetar banged gurih nya. Kuah yang terlihat warna coklat itu-kentel banged kaya tepung kanji/sagu.

Banyak dari temen-temen gue yang pada ga habis. dari 10  orang hanya 2 yang habis, termaksud gue. hahaha. maklum laper. apapun hajarrr.....

setelah selesai makan gue baru kerasa banged kalo mie ongklok mengganggu perut gue. rasanya begah dan kenyang buanged plus plus eneg...engga tau semua mie ongklok rasanya gurih banged atau kebetulan apes...

Setelah tragedi Mie Ongklok itu kita harus balik ke gardu pandang karena jam sewa bus-nya sudah habis. Lanjut, sambil balik ke Jogja kita mampir dulu ke Telaga menjer. disana masuk bayar Rp 3.000/orang dan mobil Rp 3.000.

Telaga Menjer mulai terlihat dari jalan
menuruni anak tangga.

View Telaga menjer

Penyewaan Perahu.

Sewa Kapal Rp 100.000/kapal.

Memandang menjer.

Keterangan Telaga Menjer.




Semoga pengalaman gue bisa bermanfaat buat teman yang ingen pergi ke dieng dalam waktu dekat ini.

0 komentar: