Sabtu, 05 Juli 2014

Gunung Purba Gunung Mini di Jogja


Untuk yang tinggal di Jogja apa lagi sering naik gunung pasti tau Gunung Api Purba. Tapi mungkin masih banyak juga yang gak tau yang diluar sana.. jadi gue pengen nge-post ini di blog gue untuk yang belum tau aja...



Beberapa waktu lalu gue ke gunung purba berangkat pukul 04.00 pagi dengan niat melihat sunrise.. dengan lalu lintas yang masih sepi dan dingin. Cukup sejam dengan motor dari sewon, bantul menuju desa Nglanggeran kec. Patuk.

Dari perempatan pertama (patuk) setelah melewati bukit bintang belok kiri yang jalannya lebih kecil dari jalan utama.  Pejalanan dari perempatan patuk hingga ke parkiran nglangeran sekitar setengah jam. diperjalanan akan melewati berbagai macam tower stasiun Tv.

Peta Menuju Nglangeran
Parkiran Nglangeran
Tiba di Nglangeran pukul 05.00 pagi matahari masih belum terbit dan masih gelap, wajib bawa senter ya.. Adanya jalur daki yang telah dibuat memudakan kita untuk mendaki, walaupun sudah ada tangga tapi ngos-ngosan udah kerasa diawal. hahaha... maklum keberatan badan. :D

Untuk sampai kepuncak ada 5 pos berupa pendopo. Perjalana hingga pos 1 masih adanya penerangan lampu tapi setelah itu gelap gurita.. Saking cape-nya setiap pos gue berhenti untuk narik napas dan kadang juga minum sedikit. Jalurnya gak semua tangga ada juga berbatuan yang kondisi saat itu habis hujan jadi agak licin .

Dengan perkiraan sejam untuk sampai ke puncak gunung purba. Saat tiba di Puncak ternyata jam 6 lewat karena kebanyakan berhenti terus. Tapi rasa capek mengalahkan indahnya panorama yang dilihat. Hehehe maklum lah baru pertama ngedaki gunung. 
Sunrise yang terlewatkan
Dengan keadaan cuaca yang berawan membuat suhu udara masih adem sampe jam 8 pagi. Tapi lewat dari jam 8 pagi para awan mulai berpencar dan terasa terik matahari menyengat puaanasss..

di puncak II gunung purba





papan penunjuk jalan




view tower Tv - di dekat pos III

Jalur tangga yang diapit batu besar



Matahari sudah tidak mendukung waktunya turun.. kalau nanjak butuh waktu satu jam, untuk turun cukup setengah jam aja. tapi gue butuh 2 jam untuk turun.. hahaha
kenapa? soalnya foto-foto terus dan santai melihati pemandangan yang ada.

Selamat mencoba untuk yang belum pernah....

0 komentar: